Tips Menjaga Keselamatan Jari Tangan

Tips Menjaga Keselamatan Jari TanganUmumnya kita tidak mementingkan tangan kita yang sangat bernilai ketika bekerja. Biasanya orang baru sadar kalau tangan itu penting setelah tangannya cedera karena luka, patah atau cacat. Demikianpun jari-jari tangan yang begitu besar manfaatnya dalam kehidupan. Kehilangan salah satu ibu jari akan sangat memengaruhi kenyamanan orang saat bekerja dan dapat menyebabkan pada keselamatan pekerja. Demikian pentingnya jari tangan hingga jari kelingking yang putus akibat kerja sama dengan kehilangan 300 hari kerja.

Bila tangan dan atau jari anda putus maka anda tidak bisa memasang iklan untuk mendapatkan penggantinya walaupun anda miliki banyak uang. Semua harta yang anda miliki tidak akan sanggup membeli tangan untuk diganti sehingga semua yang dimiliki menjadi tidak bermanfaat. Banyak bahaya yang bisa terjadi pada tangan akibat kerja diantaranya luka, tergores, patah dan bahkan putus. Bahaya-bahaya itu dapat dicegah sejauh kita mengikuti ketentuan keselamatan dan kesehatan kerja.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk melindungi jari dan tangan :

  • Pastikan Prosedur Instruksi Kerja Aman sudah diikuti
  • Pastikan prosedur isolasi diikuti saat memperbaiki mesin.
  • Pastikan anda kompeten dan berpengalaman dengan pekerjaan yang diberikan. Jangan melakukan pekerjaan baru tanpa arahan dari pengawas anda. Mintalah pelatihan yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan anda, bila diperlukan.
  • Jangan memakai perhiasan apa pun yang bisa tersangkut pada perlengkapan, mesin atau alat.
  • Gunakan sarung tangan dan pelindung diri lainnya yang sesuai dengan pekerjaan pada saat itu.
    Perhatikan pekerjaan yang anda lakukan dan pastikan memulai dan menyelesaikan pekerjaan dengan aman.
  • Selain tangan lindungi diri anda dengan alat pelindung lain seperti sepatu safety.
  • Tingkatkan kesadaran, komunikasi anda dan hentikan pekerjaan jika teridentifikasi bahaya yang tidak dapat dikendalikan. Ingat, anda bertanggungjawab terhadap keselamatan anda dan orang lain.
  • Pastikan semua perlengkapan sudah diinspeksi dan pengaman terpasang pada semua alat/perlengkapan. Hanya gunakan alat yang tepat untuk bekerja. Jangan pernah melepas, memotong atau memodifikasi alat pelindung keselamatan.
  • Pastikan semua tempat titik jepit, benda tajam dan bahan kimia sudah teridentifikasi sebelum melakukan pekerjaan. Lengkapi checklist idetifikasi bahaya dan pastikan anda tidak terkena bahaya apa pun.

Dengan melaksakan langkah-langkah keselamatan ini, praktek kerja yang aman akan meningkat dan cidera jari dan tangan akan berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *