Prinsip Keselamatan Kerja di Lingkungan Kerja

Pola hidup sehat di masyarakat bukan hanya perlu diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat secara luas. Pola hidup ini dapat kita terapkan di lingkungan lebih sempit, yaitu lingkungan kerja. Salah satu pola hidup sehat yang kita maksudkan yaitu penerapan keselamatan kerja. Untuk hal itu, maka prinsip keselamatan kerja harus kita sosialisasikan sebagai pola hidup sehat untuk semua lingkungan.

Kita memang tidak bisa menghindar apalagi mengabaikan pentingnya keselamatan kerja di lingkungan kerja kita. Hal semacam ini karena dengan keselamatan kerja ini, maka kita dapat mendorong produktivitas kerja. Hal semacam ini sangat memungkinkan sebab bila kita selamat, maka kinerja kita meningkat dan itu artinya produktivitas juga meningkat.

Biasanya, dinas tenaga kerja bersama SPSI perusahaan bersangkutan bekerja sama dalam mensosialisasikan program ini. Kolaborasi kerja dan program ini sangat penting sebab dengan langkah ini, maka seluruh orang di lingkungan memahami pentingnya keselamatan kerja.

Program Keselamatan Kerja

Untuk mengarahkan masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat melalui kegiatan keselamatan kerja di lingkungan kerja masing-masing, maka kita seharusnya membuat progam keselamatan kerja. Dalam program berikut kita uraikan secara terperinci segala hal terkait dengan keselamatan kerja.

Program ini disusun sedemikian rupa sehingga setiap faktor kegiatan kerja dapat tercover oleh kegiatan keselamatan kerja. Dengan hal tersebut, maka segala kemungkinan terjadi kecelakaan kerja sudah kita antisipasi sejak dini. Kita tanamkan prinsip-prinsip keselamatan kerja kepada semua orang yang ikut serta di lingkungan kerja. Atau, setidaknya mereka berupaya agar lingkungan kerjanya terjaga dari kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja.

Oleh karena itulah, maka semua orang harus berperan aktif dalam program bersama ini. Keikutsertaan mereka dalam program pastinya merupakan tambahan nilai dan tingkat ketercapaian program keselamatan kerja di lingkungan kerja.

Program ini harus dijadikan program bersama dan melibatkan semua orang yang ada di lingkungan kerja. Tak ada seorang pun yang terlewatkan dalam program ini dan masing-masing person memiliki tugas dan tanggungjawab.

Beberapa Prinsip Dalam Keselamatan Kerja

Prinsip keselamatan kerja merupakan rencana dasar yang perlu kita ketahui dan terapkan dalam sistem pola hidup sehat. Prinsip ini yaitu upaya untuk memberikan fasilitasi pada semua orang atas program yang sudah kita canangkan.

Pada intinya, prinsip keselamatan kerja mengedepankan pada konsep keterlaksanaan kegiatan. Untuk hal itu, maka ada banyak hal yang perlu dipahami bersama, yakni :

  • Mudah diterapkan
    Artinya, sarana keselamatan kerja seharusnya dengan mudah diterapkan oleh setiap orang. Bila terjadi kondisi yang mengancam keselamatan atau ketika terjadi kecelakaan saat bekerja, maka setiap orang memiliki kemampuan untuk menerapkan atau mempergunakan fasilitas keselamatan kerja itu.
    Segala hal yang berkaitan dengan keselamatan kerja yaitu suatu hal yang sangat mudah untuk diterapkan. Prinsip ini sangat penting sebab pada saat-saat tertentu, setiap orang harus dapat menerapkannya. Dengan prinsip seperti ini, maka setidaknya dapat ditumbuhkembangkan sikap sadar atas keselamatan kerja.
  • Simpel namun efektif
    Pada prinsipnya, keselamatan kerja yang kita tanamkan sebagai kesadaran pribadi yaitu keselamatan yang sederhana namun efisien. Dengan prinsip ini, maka diharapkan setiap orang dapat ikuti program keselamatan kerja secara optimal. Bila setiap orang dapat melaksanakan program keselamatan kerja, karena kesederhanaan yang dimilikinya, maka gerakan keselamatan kerja dapat terjadi dimana-mana. Dimana-pun berada orang-orang akan menerapkan prinsip keselamatan kerja.
  • Mudah dijangkau
    Untuk setiap sarana yang kita gunakan dalam gerakan keselamatan kerja, prinsipnya yaitu mudah dijangkau oleh semua orang. Setiap orang yang ingin menerapkan program keselamatan kerja bisa dengan mudah menjangkau. Dengan prinssip ini, maka setidaknya, bila terjadi suatu hal yg tidak kita inginkan, maka setiap orang dapat menjangkau alat-alat itu dengan mudah. Jangan meletakkan alat-alat keselamatan kerja pada tempat yang sulit dijangkau. Bila hal semacam ini kita kerjakan, orang akan kesulitan menjangkaunya dan sulit digunakan saat terjadi kecelakaan kerja.
  • Dikenal banyak orang
    Prinsip lain dari alat keselamatan kerja yaitu dikenal banyak orang. Salah satu contoh alat keselamatan kerja yaitu pakaian keselamatan, sepatu safety dan sebagainya. Untuk hal itu, maka harus ada sosialisasi untuk lingkungan kerja. Setiap orang yang berada di lingkungan kerja harus mengetahui prinsip keselamatan kerja ini
  • Bahan keselamatan kerja mudah didapatkan
    Untuk menerapkan keselamatan kerja di lingkungan kerja sebagai bagian integral pola hidup sehat, maka bahan yang digunakan sebaiknya bahan yang mudah didapatkan di masyarakat. Hal semacam ini selain untuk mempermudah pengadaannya, juga untuk menekan pembiayaannya. Pada lingkungan kerja yang besar dengan produk banyak dan penghasilan besar, mungkin dana pengadaan bahan ini bukan permasalahan. Namun untuk bengkel-bengkel kecil hal itu sangat berarti. Oleh karena itulah, maka bahan untuk keselamatan kerja diupayakan terbuat dari bahan yang mudah diperoleh.

Bersiaplah untuk Penanganan Darurat

Kita semua sering mendengar adanya sebuah gedung perkantoran terbakar karena beragam alasan, termasuk sengatan listrik! Berikut penyebabnya kenapa sebagian besar kantor telah mendaftarkan gedungnya dengan asuransi kebakaran untuk memastikan kalau mereka memiliki cadangan biaya dalam kasus kecelakaan.

Oleh karenanya, dari pada repot dengan premi yang mahal, rasanya juga penting untuk menginstal alat pemadam kebakaran di kantor, hingga dalam masalah kondisi nampak, maka ada aksi yang bisa di ambil dari sebatas perawatan sebelumnya datangnya kecelakaan.

Ini juga suatu kewajiban untuk organisasi untuk melakukan semacam latihan keamanan sehingga setiap karyawan tahu apa yang perlu dilakukan dalam kondisi darurat. Jauhkan kabel berantakan membumi dan pastikan kalau Anda menunjuk ahli gunakan listrik yang bersertifikat untuk melakukan semua pekerjaan listrik untuk menghindari komplikasi di masa depan. Tetap gunakan alat P3K di setiap sudut.

Pertahankan Ruang Kantor Bersih dan Aman

Percayalah, memastikan kalau ruang kantor Anda benar bersih dan terorganisir dengan baik akan menyelesaikan setengah masalah dan resiko dari K3! Anda pasti tahu bagaimana sebuah lemari atau laci terbuka dapat mengakibatkan orang tersandung sakit dan memar.

Juga adanya kewajiban menjaga rak buku terorganisir dengan baik sehingga semua tumpukan tidak jatuh diatas kepala pas Anda duduk di kursi, atau ketika Anda sedang berupaya keras untuk menarik satu laci! Pastikan juga kebersihan kantin kantor dan memberikan makanan yang sehat, minuman untuk karyawan Anda.

menjaga kebersihan dengan ketat saat memasak dan membersihkanbta. Pastikan kalau karyawan dapat makan sehat dan kerja yang sehat. Menjaga kebersihan toilet dan menjaga tempat steril dan aman untuk akan menjadikan kesehatan menu utama para karyawan setiap harinya.

Jaga Malam dan Pengawasan

Pada prinsip keselamatan kerja, Instalasi kamera keamanan dan kunci yaitu suatu kewajiban untuk keamanan kantor. karena selain adanya kecelakaan seperti kebakaran, sengatan listrik, atau tersandung, bahkan manusia bisa jadi ancaman potensial walaupun di lingkungan kantor terasa aman dan nyaman.

Dari sana ada ancaman lain, seperti kasus pelecehan seksual dan pencurian. Dan semua harus di tangani oleh kamera keamanan. Menjaga daerah dibawah pengawasan terintegrasi bisa juga mencegah beragam kecelakaan dan kondisi yang jarang seperti perampokan dan penyanderaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *